Jumat, 28 November 2014

PENEMUAN SEDERHANA

Seandainya ada mesin waktu, apa yang bakal elo lakukan?

Kalo gue pasti banyak. Salah satunya adalah pergi ke masa lalu.

Sebagai mahasiswa intelek, kita jangan hanya menuntut perubahan, tapi tawarkanlah solusi. Maka kemudian, gue akan menawarkan kepada pencipta skripsi pertama untuk mengubah skripsi menjadi... K.L.I.P.I.N.G. <YEAH!>
Kalo misal gue gak berhasil ketemu sama penemu skripsi di masa lalu, gue gak akan kehabisan akal. Dengan mesin yang sama, gue akan pergi ke masa depan. Di masa depan, gue bakal nyari diri gue yang udah jadi Doctor (semoga ya Tuhan), kemudian minjem disertasi dia yang udah jadi.

Dan saat gue kembali ke masa sekarang, gue akan langsung bimbingan dan membuat dosen bimbingan gue terkapar berbusa karena melihat skripsi gue yang udah setara disertasi. *kemudian dosen gue sujud-sujud *gue dikeplak
  
Hoaaam... sayangnya itu cuma mind-fantasy aja, walaupun pernah ada orang yang mengaku datang dari tahun 2036 pake mesin cuci waktu, namanya John Terry, hmm... maksudnya John Titor.

Anyway, dengan adanya cerita mesin waktu di atas, kita jadi lebih pandai berimajinasi. Ya... imajinasi adalah dasar seseorang menciptakan sebuah kreasi. Sama juga kayak bikin skripsi -skripsi juga butuh imajinasi, karena di dunia ini masih banyak misteri yang perlu kita teliti, asik. beberapa tweet yang gue kutip sebagai berikut,
semoga mahasiswa2 biologi berhasil menemukan cara biar uang bisa membelah diri kayak amoeba. #penemuan
semoga mahasiswa kehutanan segera menemukan bibit duit. #penemuan
semoga mahasiswa hubungan internasional segera menemukan hubungan dgn jodohnya, jiaha. #jomblo #penemuan
semoga mahasiswa transportasi bisa menemukan pintu kemana saja biar gak kena macet terus #penemuan )
semoga mahasiswa teknologi pangan bisa menemukan pil kenyang, anak kos minum pil ini ga makan seminggu #irit #penemuan )
semoga mahasiswa geografi bisa memetakan jalan menuju surga #penemuan (@irlansah)
Coba kita liat kecenderungan tweet-tweet di atas, kita bisa tau bahwa sebenernya kita itu punya banyak masalah: entah masalah keuangan, cinta, macet, sampe masalah yang gak penting kayak kehabisan celana dalem (gak penting kan?).

Nah, sekarang kita tengok negara-negara maju. Di negara mereka, banyak mahasiswa yang berlomba-lomba membuat kreasi baru atau penemuan baru. Lah kalo di negara kita? Kebanyakan kita berlomba-lomba biar cepet lulus. Alhasil, banyak sarjana-sarjana yang kemudian menyesal dan bilang, 
"Seandainya gue masih jadi mahasiswa, pasti ongkos angkot jadi lebih murah.", begitulah rasa penyesalan mereka yang udah jadi sarjana. *emang gak nyambung
Anyway, penemuan adalah sebuah solusi, begitu juga dengan skripsi. Dan bagi elo yang belom sadar bahwa skripsi adalah solusi atas masalah, maka... sadarlah kawan, anda berada di jalan yang sesat.

Gini gini, maksud gue adalah, saat ini -yang sama-sama kita tau- bahwa skripsi cuma dijadikan sebuah formalitas. Mau bukti, coba liat di hardcover temen-temen elo yang udah beres, pasti di lembar skripsinya tertulis,
"Skripsi, sebagai syarat lulus untuk memperoleh gelar sarjana."
Gue berpikir (ciee bisa mikir), kayaknya kalimat di atas (yang gue kutip) enggak perlu ditulis kali ya? Karena bakal membuat persepsi yang aneh, seperti gue. --"

Hmm.. skripsi itu kalo bisa jangan dijadiin syarat lulus doank kali ya? Maksudnya, skripsi emang gak perlu bagus, tapi tetep buat skripsi yang berkualitas, soalnya sayang aja kalo skripisi udah susah-susah dibuat, malah cuma jadi pajangan. Ya gak? asik.

Nah, sebenernya gue pengin bikin tulisan yang bisa mengajak kalian biar nggak stres mikirin skripsi yang belom beres, dan setelah gue baca ulang tulisan gue sendiri, sepertinya gue gagal. ("_ _)/|

At least, bagi kalian yang lagi kesulitan nyari ide penelitian, saran gue, elo mesti pinter ngeliat masalah. Dan setelah ngeliat masalah, elo berpikir mencari solusi. Itu tuh, alur sederhana dalam mencari ide penelitian/skripsi. Atau formula sederhananya begini,
Analisa masalah > berpikir solutif > ide penelitian
Sederhana kan? Santai santai, gue emang hebat. *dikeplak

So, jangan lagi bingung nyari ide atau bikin skripsi ya? Karena di dunia ini masih banyak misteri yang perlu kita teliti, asik.

Dalam membuat skripsi, kita gak dituntut untuk membuat penemuan heboh, tapi kita dianjurkan mengerti bagaimana menemukan solusi untuk suatu masalah.  

Udah ah. *terbang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar